Wednesday, April 27, 2011

Definisi Potamologi

POTAMOLOGI
Pengertian 
Potamologi adalah ilmu yang mempelajari air yang mengalir dipermukaan tanah yang meliputi air hujan yang telah mencapai permukaan tanah hingga air tersebut menjadi aliran sungai (run off).
Beberapa konsep penting adalah ;
1.Depressian storage, yaitu bagian air hujan yang mengisi legokan kecil pada permukaan tanah.(cekungan yang menampung air)
2.Surface detention, yaitu kondisi air hujan baik dipermukaan tanah maupun dilegokan tanah sesaat sebelum mengalir, terjadi karena gaya antar molekul air dengan air dan molekul tanah dengan air. ( gaya kohesi dan adesi) grafitasi.(jumlah air yang ditampung sebelum masuk kedalam tanah).

3.Overlownd flow, yaitu gerakkan air hujan yang jatuh dipermukaaan tanah sebelum masuk kedalam saluran. Seperti limpasan di aspal.
4.Serface retention /surface storage /initial detention, yaitu bagian air hujan yang tidak inviltrasi selama dan sesudah air berlangsun. Surface detention ini terdiri dari depression storage dan evapotranspirasi selam hujan berlangsung. (air yang menghilang atau tidak masuk kedalam tanah)
5.Sub surface runoff /sub surface runflow /inter flow seepage, yaitu bagian dari air hujan yang telah masuk kedalam tanah (inviltrasi) dan mengalir secara lateral melalui horizon atau lapisan tanah.

No comments:

Post a Comment